Selasa, 25 Agustus 2015

Keamanan Pangan Masih Tanda Tanya Masih banyak kimia yang ngendon dalam pangan kita: lokal, dan juga pangan impor..!




Keamanan Pangan Masih Tanda Tanya
 
Masih banyak kimia yang ngendon dalam pangan kita: lokal, dan juga pangan impor..!

Karenanya keamanan pangan masih jauh dari perlindungan ketat bagi konsumen di Nusantara ini; apalagi jelang era MEA pada awal 2016..!

Akankah pangan "kotor kimia" dari luar semakin banjiri negri ini? Sebaliknya, ekspor pangan kita masih tanda tanya? Berapakah kontribusi ekspor pangan organik kita ke devisa negara?













Kemtan: Masih Ada Hasil Pertanian Mengandung Kimia
Sabtu, 22 Agustus 2015 | 05:40
Medan - Kementerian Pertanian mengakui berbagai produk pangan segar hasil pertanian di Indonesia masih ada yang mengandung formalin, timbal, dan aflatoksin.

Direktur Mutu dan Standardisasi Kementerian Pertanian Andjar Rochani di Medan, Sumatera Utara, Jumat (21/8), mengatakan pada periode 2012-2015 masih ditemukan pangan segar hasil pertanian yang mengandung bahan kimia antara lain formalin, timbal (Pb) dan aflatoksin (senyawa racun/toksin dari jamur).

"Bahan kimia itu juga banyak dijumpai pada buah jeruk, beras dan kacang tanah, lada yang diberi pemutih dan produk lainnya," katanya.

Dia mengatakan itu pada Diseminasi Peraturan Keamanan Pangan Segar Asal Tumbuhan memasuki Masyarakat Ekonomi ASEAN. (MEA) yang sudah dimulai pada 2015. Tindakan itu, tentu saja tidak memberikan keamanan pangan bagi konsumen terutama di dalam negeri dan tidak menguntungkan bagi Indonesia.




Ekonomi

Menurut dia, Kemtan sudah berupaya mengatasinya dengan berbagai cara mulai saat pre-market atau sebelum dipasarkan terutama pada produk hasil pertanian baik segar dan olahan primer melalui skema sertifikasi, pendaftaran atau registrasi produk dalam dan luar.

Kemudian, ada ketentuan untuk pendaftaran rumah kemas serta rekomendasi ekspor dan impor, pengawasan konsistensi pemenuhan persyaratan registrasi serta sertifikasi melalui surveilen. Termasuk melalui pengawasan post-market atau ketika beredar untuk mengawasi aspek keamanan pangan agar tidak terkontaminasi residu pestisida, logam berat dan mikroba dengan penggunaan nomor registrasi, logo sertifikasi produk pangan hasil pertanian yang beredar di pasar.

"Pengawasan kasus per kasus juga dilakukan untuk merespon bila ada isu keamanan pangan di masyarakat," katanya.

Dia memberi contoh untuk beras dengan memberlakukan pendaftaran PSAT baik produk dalam (PD) dan produk luar (PL) .

"Peraturan pendaftaran itu masih dalam proses revisi untuk kemudian diberlakukan wajib bagi semua terutama produsen dan pemasok atau pedagang," katanya.

Dia menegaskan, Kemtan juga mendorong terus bertumbuhnya pertanian organik yaitu dengan menetapkan Permentan Nomor 64 Tahun 2013 tentang Sistem Pertanian Organik.

Kepala Bidang Usaha Tani Dinas Perkebunan (Disbun) Sumut, Sarida Khairani mengatakan, untuk di Sumut, kandungan yang rawan di pangan segar hasil pertanian asal Sumut adalah berupa residu pestisida.

"Tapi ancaman residu tersebut sudah semakin berkurang dengan semakin tingginya kesadaran petani soal bahaya menggunakan bahan kimia itu di atas ambang batas,"katanya.

Hampir semua produk ekspor Sumut mulai kakao, kelapa sawit, kopi.karet, pala dinilai cukup aman yang dibuktikan tidak adanya protes dari negara pengimpor.

Plt Kasubdit IV/Tipiter Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Sumut, Kompol Robin Simatupang mengatakan, dalam menjaga keamanan pangan, pihak kepolisian tidak bisa bergerak sendiri.
"Harus ada kerja sama dan kepolisian siap membantu menjaga keamanan pangan segar hasil pertanian di Sumut," katanya.

/HS

http://m.beritasatu.com/…/300964-kemtan-masih-ada-hasil-per…

Gambar-gambar adalah ilustrasi saja.








July 15 2015

P a n g a n
Jelang Lebaran:

Sidak ke pasar swalayan tapi tanpa adanya eksekusi
Penarikan [recall] pangan itu dari peredaran..!

Naaahhhhh..!

Hindari formalin pada makanan..!

Khususnya, ini [kasus terkini]:


Apel Washington mengandung kadar formalin 0,8 miligram, jeruk Cina 0,6 miligram, dan kikil 0,6 miligram ditemukan di pasar swalayan di Indramayu.

"Normalnya makanan itu harus berkadar 0 miligram formalin, atau terbebas dari formalin," kata Kepala Perlindungan Konsumen dan Metrologi Diskoperindag Kabupaten Indramayu Jawa Barat, Lina Yustina [Senin 6/7/2015].

Dst... [Pikiran Rakyat 6 Juli 2015]

Lalu, apa sajakah dampak formalin bagi kesehatan manusia?


15 Bahaya Formalin Pada Makanan Bagi Kesehatan


Formalin atau formaldehyde merupakan zat yang tidak berwarna, mudah terbakar, namun memiliki bau yang sangat menyengat. Formalin biasa digunakan sebagai bahan untuk cairan pembersih dan juga digunakan juga dalam pembuatan perkakas rumah tangga, furniture, atau kayu lapis. Bahan perekat seperti lem juga menggunakan formalin untuk membuatnya. Formalin juga digunakan untuk bahan desinfektan, fungisida dan germisida.

Di Indonesia, formalin yang digunakan untuk pengawet makanan sebenarnya sangat dilarang oleh Kementrian Kesehatan kita. Bahkan beberapa undang–undang dan permenkes juga diterbitkan untuk melarangan penggunaan formalin ini. Berikut ini beberapa bahaya formalin pada makanan bagi kesehatan manusia.

1. Iritasi Mata. Saat formalin terurai di dalam udara dan melebihi 0,1 ppm, akibatnya bisa membuat mata berair, sensasi terbakar pada mata

2. Iritasi saluran pernafasan. Jika formalin terhirup oleh hidung dan masuk ke sistem pernafan lainnya, efek yang mungkin bisa langsung dirasakan adalah rasa panas di hidung maupun tenggorokan. Bisa juga berupa bersin dan batuk yang terus menerus. Bahkan seseorang yang terpapar formalin pada kadar tertentu bisa membuat sesak nafas hingga sulit bernafas.

3. Mual. Pada beberapa kasus, apabila tubuh terpapar formalin, seseorang bisa mengalami nausea atau mual–mual.

4. Kulit kemerahan. Bila formalin mengenai kulit, dampak secara langsungnya bisa membuat kulit iritasi yang ditandai dengan warna kemerahan pada permukaan kulit. Setelah beberapa waktu dampak formalin juga bisa membuat kulit terasa menebal dan kasar dan jaringan kulit akan menjadi keras.

5. Kerusakan organ pencernaan. Jika formalin tertelan dan masuk ke dalam tubuh manusia, formalin bisa merusak organ pencernaan. Pada mulanya yang pertama akan muncul adalah sensani terbakar di kerongkongan, tenggorokan, sampai perut pun merasa terbakar. Gejala yang lain mungkin akan membuat anda sulit jika menelan makanan. Keadaan ini bahkan bisa mengarah pada pendarahan dalam dan hilangnya kesadaran.

6. Gangguan Menstruasi. Jika wanita tidak sengaja menelan formalin, dampaknya bahkan bisa membuat siklus menstruasi menjadi terganggu. Pada tahap tertentu bahkan bisa menyebabkan gangguan kesuburan.

7. Kanker hidung. Jika anda berkali–kali terpapar formalin dan hidung anda mencium formalin dalam jangka panjang, formalin bisa menyebabkan kanker terbentu pada hidung. Ini dikarenakan formalin memiliki sifat yang sangat beracun pada tubuh dan juga zat karsinogenik.

8. Menyebabkan diare. Formalin yang terkandung dalam makanan dan tidak sengaja dikonsumsi manusia, dapat menyebabkan seorang mengalami diare. Iritasi pada lambung dapat berakibat pada terjadinya diare.

9. Susah tidur. Jika formalin masuk ke dalam tubuh dan merusak sistem saraf, hal yang paling ringan yang dapat anda rasakan adalah sulit tidur atau insomnia. Pada jangka waktu yang panjang, seorang yang sering terpapar formalin bisa mengalami sulit untuk berkonsentrasi, mudah melupakan sesuatu, hingga menyebabkan anda semakin lebih sensitif.

10. Kanker Otak. Efek formalin dalam jangka panjang akan sangat membahayakan bagi kesehatan. Efek formalin bahkan bisa mengarah pada kematian jika seorang terpapar secara terus menerus dan dalam jangka waktu yang lama. Jika masuk ke dalam tubuh, formalin bisa menyebabkan seorang mengalami kanker otak. Formalin juga merupakan zat karsinogenik yang sifatnya bisa menyebabkan tumbuhnya sel–sel kanker.

11. Mengganggu proses pertumbuhan. Formalin banyak sekali ditemukan pada jajanan yang dijual di sekolah seperti jajanan anak. Jika anak dibiarkan terus menerus megkonsumsi jajanan berformalin, dampaknya bisa menyebabkan anak mengalami gangguan proses pertumbuhan.

12. Kanker paru-paru. Menghirup formalin dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan gangguan pada sistem penafasan. Formalin yang terus menerus dihirup tubuh dapat menyebabkan kanker pada paru–paru.

13. Sakit kepala. Apabila formalin sudah menyerang sistem saraf, biasanya dalam kasus seperti ini seorang juga dapat mengalami sakit kepala ringan hingga yang sakit kepala yang cukup berat.

14. Koma. Kematian. Formalin yang tertelan ke dalam tubuh dalam konsentrasi yang tinggi bisa menyebabkan kematian sel–sel tubuh dan matinya saraf. Hal ini dapat membuat seseorang mengalami koma hingga kematian.

15. Rasa gatal. Rasa gatal yang sangat bisa timbul bila formalin masuk melalui sistem pernafasan. Bila terjadi seperti ini artinya formalin sudah masuk ke dalam paru–paru dan anda harus segera pergi ke dokter agar gejala tidak semakin menjadi lebih parah.

Walaupun efek jangka pendek dari paparan formalin sudah sangat diketahui banyak orang, efek jangka panjangnya malahan jarang diketahui oleh banyak orang. Pada tahun 1980, penelitian di laboratorium membuktikan jika paparan formalin pada tikus bisa menyebabkan tikus mengalami kanker nasal. Sejak penelitian pertama tersebut, banyak penelitian lanjutan yang mengungkapkan jika formalin merupakan zat karsinogenik pada manusia dan menyebabkan kanker – kanker jenis tertentu. Inti dari penelitian tersebut adalah bahwa bahaya formalin dapat menyebabkan timbulnya penyakit paling mematikan di dunia.

Dst

http://halosehat.com/…/15-bahaya-formalin-pada-makanan-bagi…






screenshot berita mengenai apel, jeruk, dan kikil berformalin
di pasar swalayan Indramayu Jawa Barat







'



Menampik Adanya Beras Plastik, Kini Polri Jaksel Temukan Beras Oplosan Pemutih..!

Alamak, 'jeng..! Aneh-aneh 'kalinya, 'pangan kita, neh...





Puslabfor Polri temukan beras dioplos pemutih
Kamis, 28 Mei 2015 | 10:16 WIB

Dibaca: 216 kali

JAKARTA. Dalam upaya mencari kebenaran beras plastik, beberapa waktu lalu, personel kepolisian menemukan perkara lain, yakni adanya beras yang diduga dicampur dengan bahan pemutih.

"Penyelidikan soal beras plastik sudah selesai. Tapi kita menemukan dugaan beras dioplos dengan kimia, pemutih. Itu yang sedang kita tangani," ujar Kepala Bareskrim Komjen Budi Waseso di kompleks Mabes Polri pada Kamis (28/5).

Budi Waseso tidak menjelaskan detail terkait awal penemuan beras diduga dioplos pemutih itu. Ia mengatakan, tempat kejadian perkara ada di bilangan Jakarta Selatan. Perkara tersebut pun ditangani Satuan Reserse Kriminal Polres Metro Jakarta Selatan. Adapun, peran Mabes Polri yakni penelitian di pusat laboratorium forensik atas sampel beras yang diduga dioplos pemutih tersebut.

Budi Waseso tidak dapat memastikan kapan penelitian itu rampung. "Minimal itu empat hari baru bisa diketahui hasilnya. Kita harus menelitinya dengan hati-hati supaya diketahui, beras itu benar-benar dicampur kimia atau tidak," ujar Budi Waseso.

Penelitian tim Puslabfor atas sampel beras itu, lanjut Budi Waseso, terdiri dari lima fase. Dia tak dapat mengungkap ke publik lima fase yang dimaksud atas alasan kerahasiaan penyidikan.

http://mobile.kontan.co.id/…/puslabfor-polri-temukan-beras-…

¤¤
¤


Sucofindo Diperiksa Polisi Soal Beda Hasil Beras Plastik? | Tempo Metro
Sejumlah pejabat di PT Sucofindo mendatangi Markas Kepolisian Resor Kota Bekasi, Kamis siang, 28 Mei 2015. Kedatangan
metro.tempo.co


Sucofindo Diperiksa Polisi Soal Beda Hasil Beras Plastik?

Jum'at, 29 Mei 2015 | 03:04 WIB

Sucofindo Diperiksa Polisi Soal Beda Hasil Beras Plastik?

Pedagang menunjukan salah satu beras yang dijualnya di Pasar Induk Beras Cipinang, Jakarta, 21 Mei 2015. Para pembeli mencium aroma dan melihat bentuk fisik beras, salah satu cara yang dilakukan warga untuk menghindari peredaran beras sintetis dipasaran. TEMPO/Subekti.

TEMPO.CO, Bekasi - Sejumlah pejabat di PT Sucofindo mendatangi Markas Kepolisian Resor Kota Bekasi, Kamis siang, 28 Mei 2015. Kedatangan mereka diduga terkait dengan uji laboratorium beras plastik oleh PT Sucofindo yang hasilnya positif.

Pengamatan Tempo, perwakilan dari perusahaan pelat merah tersebut yang hadir berjumlah empat orang. Mereka datang sekitar pukul 13.30 WIB. Tak ada yang bersedia memberikan keterangan kepada wartawan. Mereka langsung menuju ke Unit Kriminal Khusus Polres Kota Bekasi di lantai dua. "Langsung ke pusat saja," kata salah satu dari mereka kepada wartawan, Kamis, 28 Mei 2015.

Tak hanya dari Sucofindo, perwakilan dari Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Koperasi juga menjalani pemeriksaan. Begitu pun dengan pelapor adanya dugaan beras plastik, Dewi Septiani, dan adiknya. "Tadi ditanya seputar beras yang saya makan," ucap Putri, adik Dewi.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian Aceng Solahudin di sela pemeriksaan enggan memberikan keterangan. "Belum selesai, barusan izin salat," ujar Aceng. Hingga berita ini dibuat, mereka masih menjalani pemeriksaan oleh penyidik Polda Metro Jaya yang datang ke Polres Kota Bekasi.

Kepala Polres Kota Bekasi Komisaris Besar Daniel Bolly Hyronimus Tifaona membenarkan adanya pemeriksaan berkaitan dengan beras. Ditanya apakah berkaitan dengan hasil yang berbeda, dia mengaku tak ada kaitannya. "Itu kan ahli," tuturnya. "Pemeriksaan umum biasa saja."

Sebelumnya, hasil uji laboratorium oleh Sucofindo membuktikan bahwa ada tiga kandungan kimia dalam beras yang dijadikan sampel, yakni BBP (benzyl butyl phthalate), DEHP (bis-2-ethylhexyl phthalate), dan DINP (diisononyl phthalate). Kandungan itu biasa dipakai untuk pembuatan pipa, kabel, dan komponen lain yang mengandung unsur plastik.

Hasil itu berbeda dengan yang diteliti Badan Pengawas Obat dan Makanan, Kementerian Pertanian, dan Pusat Laboratorium Forensik Kepolisian RI. Sebab, tiga lembaga negara itu menyimpulkan bahwa tak ada kandungan unsur kimia plastik.

http://metro.tempo.co/read/news/2015/05/29/083670426/sucofindo-diperiksa-polisi-soal-beda-hasil-beras-plastik







January 27,  2015

Stop Makan Apel Amrik:
Granny Smith, dan Gala












Califonia adalah kantong produksi buah-buahan subtropis bermasalah lagi..!

Terjadi ledakan bakteri Listeria pada buah apel varietas Granny Smith dan Gala pada awal bulan ini. Akibatnya, apel itu ditarik dari pasaran jelang pertengahan Januari hingga kini.

Dulu saya ikut kampanyekan: Wrath of Grape (1990an-1995an)

Kini akankah:
Wrath of Apple?

Di Indonesia, kemendag sudah larang penjualan apel impor Amrik varietas Granny Smith dan Gala. Yang sudah di tangan penjual diminta tidak menjual ke konsumen..
.!









dihimpun oleh Riza V. Tjahjadi
biotani@gmail.com

lihat juga timeline pada akun Facebook Riza V. Tjahjadi




lihat juga:

http://www.slideshare.net/biotani/keamanan-pangan-masih-tanda-tanya




-o0o-


2 komentar:

PAK JUNAIDI mengatakan...

SAYA SANGAT BERSYUKUR ATAS REJEKI YANG DIBERIKAN KEPADA SAYA DAN INI TIDAK PERNAH TERBAYANKAN OLEH SAYA KALAU SAYA BISA SEPERTI INI,INI SEMUA BERKAT BANTUAN MBAH RAWA GUMPALA YANG TELAH MEMBANTU SAYA MELALUI NOMOR TOGEL DAN DANA GHAIB,KINI SAYA SUDAH BISA MELUNASI SEMUA HUTANG-HUTANG SAYA BAHKAN SAYA JUGA SUDAH BISA MEMBANGUN HOTEL BERBINTANG DI DAERAH SOLO DAN INI SEMUA ATAS BANTUAN MBAH RAWA GUMPALA,SAYA TIDAK AKAN PERNAH MELUPAKA JASA BELIAU DAN BAGI ANDA YANG INGIN DIBANTU OLEH RAWA GUMPALA MASALAH NOMOR ATAU DANA GHAIB SILAHKAN HUBUNGI SAJA BELIAU DI 085 316 106 111 SEKALI LAGI TERIMAKASIH YAA MBAH DAN PERLU ANDA KETAHUI KALAU MBAH RAWA GUMPALA HANYA MEMBANTU ORANG YANG BENAR-BANAR SERIUS,SAYA ATAS NAMA PAK JUNAIDI DARI SOLO DAN INI BENAR-BENAR KISAH NYATA DARI SAYA.BAGI YANG PUNYA RUM TERIMAKASIH ATAS TUMPANGANNYA.. BUKA DANA GHAIB MBAH RAWA GUNPALA

AHMAD SANI mengatakan...

saya AHMAD SANI posisi sekarang di malaysia
bekerja sebagai BURU BANGUNAN gaji tidak seberapa
setiap gajian selalu mengirimkan orang tua
sebenarnya pengen pulang tapi gak punya uang
sempat saya putus asah dan secara kebetulan
saya buka FB ada seseorng berkomentar
tentang AKI NAWE katanya perna di bantu
melalui jalan togel saya coba2 menghubungi
karna di malaysia ada pemasangan
jadi saya memberanikan diri karna sudah bingun
saya minta angka sama AKI NAWE
angka yang di berikan 6D TOTO tembus 100%
terima kasih banyak AKI
kemarin saya bingun syukur sekarang sudah senang
rencana bulan depan mau pulang untuk buka usaha
bagi penggemar togel ingin merasakan kemenangan
terutama yang punya masalah hutang lama belum lunas
jangan putus asah HUBUNGI AKI NAWE 085-218-379-259
tak ada salahnya anda coba
karna prediksi AKI tidak perna meleset
saya jamin AKI NAWE tidak akan mengecewakan

Arsip Blog