Minggu, 21 Juli 2013

Pengantar Hukum Pertanian, sekilas tengok buku









Pengantar Hukum Pertanian

Sekilas tenok buku Prof. Koerni


Buku yang diimpikannya, akhirnya terbit dan sudah diedarkan ke sejumlah rekanannya... Saya terima buku itu Sabtu pagi kemarin. Inilah Pengantar HUKUM PERTANIAN... Karya Prof. Dr. Koerniatmanto Soetoprawiro, MH, guru besar Universitas Parahyangan Bandung.

Padahal selewat tengah tahun silam, Prof. Koerni pernah menjawil saya minta tolong agar dicarikan donor yang mau terbitkan naskah buku ini - tetapi dipilah menjadi tiga buah buku - sementara calon penerbitnya adalah Gramedia... Saya angkat tangan karena donor saya hanya biayai riset lapang saya terhadap bansos pertanian, khususnya APPO dan rumah kompos dalam APBN; tidak tersedia alokasi untuk penerbitan buku.

Buku terbitan Gapperindo (April 2013), setebal 422 halaman terasa enteng beratnya, karena sampulnya bukan karton tebal. Tetapi bobot dan substansinya jangan diabaikan, khususnya bagi peminat kajian hukum yang terkait erat dalam dimensi pertanian.

Buku Pengantar Hukum Pertanian ini terbagi ke dalam tiga bagian. Bagian I: Dasar-dasar Hukum Pertanian (terbagi lagi ke dalam tiga bab), Bagian II: Pengaturan dan Pengayoman Hukum atas Sumber Daya Alam Agraria (empat bab), dan Bagian III Konservasi Sumber Daya Alam (tiga bab dan Penutup), dilengkapi pula dengan Referensi dan Index.

Menurut saya ini materi yang berharga... Sekadar info: satu buku yang saya berikan kepadanya beberapa tahun silam, ternyata tersebut satu dalam rujukan (Referensi, istilah beliau). Yaitu: Keanekaragaman Hayati: Suatu Sudut Pandang Petani, Plus Hak atas Pangan (2004).

Sabtu kemarin saya ucapkan terima kasih kepada: Matur nuwun Pak Koerni atas kiriman bukunya: Hukum Pertanian - yang luar biasa eksploratif. Semoga bangsa ini akan merespek buku dan sumbangsih penulisnya bagi kemanfaatan bangsa ini di hari ini dan mendatang. JBU.

Prof. Koerni membalas sms saya: Alhamdulillah.. Semoga bermanfaat, pak.


Info di atas saya unggah lebih dahulu, 3-4 jam lalu. Ini petikan tanggapan:






 




Setiawaty Oetama ke aku grATISKAH ? Ditunggu

Riza V. Tjahjadi
Oooo, cb, nanti kutanyakan ke beliau. Atau minta ke Dr. Agus Pakpahan, ketua Gapperindo, yang terbitkan buku ini. Kenal dia? Klo, tidak, baca saja buku gw :=)

Riza V. Tjahjadi Ariadi Darsowiyono tks yo nggo jempolmu.

Dwi Djuang Prastyanto sudah tersediakah di Toko Buku ?

Ariadi Darsowiyono mdh2an buku itu bermanfaat buat kita semua, mdh2an saya jug bisa memiliki buku itu...hehehehe

Riza V. Tjahjadi Yuupps... Akan saya mintakan ke penerbitnya Gapperindo untuk kalangan ornop. Cetakan 1 hanya 1,00 buku... Siapa tahu ketua Gapperindo, Dr. Agus Pakpahan (ingat dia? Dirjend perkebunan, ketika kita mulai garap aksi thdp kapas bt; tp dia mundur krn berselisih dng Bungaran Saragih; sekrng ketua Komisi Keamanan Hayati).

Dwi Djuang Prastyanto Buku ttg Hukum Pertanian, masih jarang di toko buku, mudah2an jadi referensi yang baik buat pegiat tentang masalah pertanian

Ariadi Darsowiyon
o pak agus tahulah mas..mdh2an mas...tx bgt

Riza V. Tjahjadi Sedang saya kontak via BBM ke Dr. Agus Pakpahan, Ketua Gapperindo, Gabungan Petani Perkebunan Indo, yg jadi penerbit buku ini. Sudah di mana saja dijualnya? Penulisnya, Prof. Koerni tidak tahu ke mana saja jangkauan penjualannya; bgt, nggih?


Ariadi Darsowiyono banyak peminatnya, mas..







Riza V. Tjahjadi
biotani@gmail.com







---o0o___











Tidak ada komentar: