Rabu, 27 Februari 2019

Biodegradable is NOT Circular Economy Linear



Biodegradable is NOT Circular Economy Linear

By: Riza V. Tjahjadi





Produk #plastik dalam industri dan industri-informal-pemasok daurulang mulai sering dikerangkakan ke dalam konsep baru yang dinamakan #CircularEconomy (CE) Jikalau dua industri itu digabung 🤗👥sebagai kesatuan skema dan analisis maka jadilah Life Cycle Analysis (LCA). Ringkasnya produk plastik menjadi sirkulasi yang linear. Tetapi jika LCA tidak utuh rantainya dapat menjadi sampah di laut. Dan... muncullah malapetaka 🙃 #sampahplastik dengan bentuk pecahan, tak utuh, dsb. Yang sudah munculkan kasus yaitu mematikan satwa laut dan unggas 😭😭 dan sangat mungkin #plastikmikromasuk ke dalam rantai pangan manusia. Sirkulasi sebagian terputus karena tidak terjadi proses daurulang plastik untuk ditambah bijih plastik (#virginplastic ✍) untuk menjadi produk baru plastik.
Pada sisi lain mulai bermunculan #plastikbiodegradable 😍 Yaitu plastik dengan imbuhan zat aditif yang membuat produk plastik lebih cepat, mudah terurai. Proses terurai kembali menyatu ke tanah dapat disebut sebagai Circular Economy Comprehensive (CEC). Sampah plastik menjadi bagian dari tanah tetapi juga menjadi plastik mikro jika sampah itu bocor ke laut, lalu termakan satwa laut termasuk unggas di atas laut.

Begitulah ilustrasi ringkasnya. 
Dan secara empiris tak sengaja saya uji, saya menemukan bahwa apa yang dicela kaum circular economy linear akan kelemahan plastik tipe mudah terurai yaitu adanya "Fine print" (terurai jika kena sinar matahari langsung atau kena suhu panas) ternyata tidak mutlak. Kantong plastik tipe mudah terurai yang tertumpuk kantong plastik lain, buku dsb di ruang tamu rumah saya ternyata mudah lapuk meskipun tanpa terkena langsung sinar matahari.

Ayo... kawan silahkan buktikan juga.

#fineprintOXO
#beatplasticpollution
#kendalikansampahplastik
#biodegradable
#mudahterurai
#RamahLingkungan
#SDGs12
#SDGs12SolidWaste
#solidwaste

biotani@gmail.com
biotani2001@yahoo.com



https://www.slideshare.net/biotani/biodegradable-is-not-circular-economy-linear/edit?src=slideview&type=privacy







---o0o---

Tidak ada komentar:

Arsip Blog