Senin, 22 April 2019

Gerakan Indonesia Bersih, Semangat Baru Tanggulangi Sampah





Gerakan Indonesia Bersih, Semangat Baru Tanggulangi Sampah

oleh: Riza v. Tjahjadi



Ambisinya bosarrr yaitu #IndonesiaBersihSehat sebagai akomodasi dari jargon KLHK dan Kemenkes tapi apa daya sulitnya minta ampun dan dananya pasti bosarrr pula. Makanya LBP, Luhut Binsar Panjaitan, Menko Kemaritiman & Sumber Daya mau gak mau hanya menggaungkan #indonesiabersih saja dulu.





Itulah salah satu pokok wacana LBP ketika meluncurkan Gerakan Indonesia Bersih (GIB) bersama sejumlah komunitas dan orang-orang berpengaruh (influencer persons) di kantornya Senin 220429.









Misi GIB
#Memposisikan dan menggaungkan Indonesia Bersih sebagai sebuah gerakan nasioal yang diinisiasi oleh Kemenko Kemaritiman.
#Mengajak/ mengimbau seluruh masyarakat Indonesia dari berbagai lapisan untuk turut serta mendukung kampanye Indonesia Bersih ini dengan melakukan aksi nyata.
#Mendapatkan dukungan yang positif dari segenap lapisan masyarakat Indonesia barik dari sektor pemerintahan, swasta, non swasta, lsm dan instansi terkait maupun tidak terkait lainnya.



Tujuan jangka panjang GIB
Gerakan Indonesia Bersih (GIB) bertujuan membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat, serta menciptakan persepsi yang sama dalam pengelolaan sampah agar dapat memberikan dampak perubahan signifikan kepada pola pikir masyarakat terhadap diri sendiri dan lingkungan sekitar terkait dengan kebersihan.


Beberapa kegiatan GIB
Sosialisasi Indonesia Bersih di Rapat Kerja Nasional
Sosialisasi Indonesia bersih di National Plastic Action Partnership Event
Sosialisasi di Pamerean Deep Extreme.



Pernyataan yang direkomendasikan (Dos):
#Misi komunikasi dari program Indonesia Bersih.
#Tujuan jangka panjang dan tujuan jangka pendek program Indonesia Bersih
#Target yang mau disasar dari program Indonesia Bersih.
#Rencana detil program Indonesia Bersih selama satu tahun.


Pernyataan yang tidak direkomendasikan (Don'ts)
#Pandangan dan anasilis negatif terhadap program lain sejenis.
#Relasi dengan para penyandang kepentingan (stakeholder) yang lain
#Kegiatan personan atau karir pribadi di luar kapasitas sebagai juru bicara program Indonesia Bersih
#Pandangan mengenai politik maupun situasi politik.


#beatplasticpollution
#cleanupnow
#kendalikansampahplastik
#oceandebris
#saveouroceans
#saveocean 





Oh, ya, pada pencanangan Program Aksi Nasional pelaksanaan Perpres No. 83 thn 2018 tentang penanganan Sampah Laut, Menko LBP mengungkapkan didampingi Menteri KLHK Siti Nurbaya Bakar dan Kepala Bappenas Bambang pada 21 Januari silam, sebaiknya dibikin program Bersih (KLHK) dan Sehat (Kemenkes).

Naah, Senin sore tadi hal Indonesia Bersih Sehat diucapkan kembali oleh Menko LBP (mantan dansatgas terorisme Kopasus ; yang wakilnya adalah Wowo).

Oke...Semoga Gerakan Indonesia Bersih (GIB) menjadi semangat baru dalam menangguangi sampah, khususnya sampah plastik di Nusantara ini.




Oh, ya... Lihat juga Status saya 21 Januari 2019 yl.

*_Kick Off Meeting_ Rencana Aksi #PerpresNo83 Tahun 2018 tentang #PenangananSampahLaut pada hari Senin, 21 Januari 2019. Adapun Sekretariatnya berlokasi di Gedung A Lantai 4 KLHK Jl. DI Panjaitan Kav. 24 Kebon Nanas Jakarta Timur. 🙂

Oh, ya, dalam perspektif internasional, dalam paparannya Menteri LHK @siti.nurbayabakar menyatakan Bali sebagai salah satu hasil dari Our Ocean Conference 2018 telah ditetapkan sebagai Regional Capacity Centre for Clean Seas (R3CS) untuk wilayah Asia Pacific.
#ouroceanconference2018










---o0o---


Tidak ada komentar:

Arsip Blog